Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Inovator Motivasi

Perusahaan Pemuda 21 Tahun Dibeli Facebook 20 Trilliun


Hari ini Facebook membuat pengumuman besar. Mereka akan membeli Oculus VR, sebuah perusahaan penyedia headset merk Rift yang terkenal di kalangan developer game senilai 2 Milliar Dollar atau 20 Trilliun Rupiah. Facebook akan memberi uang tunai 400 Juta Dollar, lalu 23,1 juta lembar saham Facebook senilai 1,3 Milliar Dollar, dan tambahan 300 Juta Dollar apabila Oculus VR mampu mencapai target yang diberikan oleh Facebook. Menariknya, pendiri Oculus VR adalah Palmer Luckey, anak muda berusia 21 tahun. Karena awalnya gagal menarik perhatian investor, Palmer Luckey pertama kali meluncurkan Oculus VR melalui kampanye KickStarter yang berhasil memberinya 2,5 Juta Dollar.

Berikut adalah keterangan resmi dari Mark Zuckerberg, CEO Facebok, “Saya sangat senang untuk mengumumkan bahwa kami telah setuju untuk membeli Oculus VR, pemimpin di teknologi virtual reality. Misi Facebook adalah membuat dunia lebih terbuka dan terhubung. Dalam beberapa tahun terakhir, kami banyak membangun aplikasi mobile yang membantu Anda berbagi dengan orang yang Anda pedulikan. Kami melakukan banyak hal di mobile, tapi saat ini kami merasa kami bisa mulai fokus ke platform selanjutnya yang bisa memberi pengalaman personal yang lebih berguna dan menyenangkan.”

palmer-luckey-oculus-rift-palmertech

Masih menurut Mark Zuckerberg, “Inilah kenapa Oculus masuk. Mereka membangun teknologi virtual reality seperti headset Oculus Rift. Ketika Anda memakainya, Anda akan memasuki lingkungan yang diciptakan oleh komputer sepeuhnya, seperti game atau film atau tempat yang jauh. Hal paling keren dari teknologi ini adalah Anda jadi merasa berada di tempat lain dengan orang lain. Orang yang telah mencobanya mengatakan bahwa ini pengalaman yang sangat berbeda dalam hidupnya.”

Zuckerberg akan meminta Palmer Luckey dan tim Oculus untuk fokus di dunia game dan menjalankan perusahaan terpisah dari Facebook. Zuckerberg bahkan menantang Palmer untuk menciptakan pengalaman Oculus di bidang lain selain game. “Bayangkan Anda menikmati belajar di kelas atau berkonsultasi dengan dokter Anda dengan bertatap muka, hanya dengan menggunakan kacamata di rumah Anda. Ini adalah platform komunikasi baru. Dengan merasa kehadiran partner Anda, maka Anda akan membagi pengalaman dan momen berharga bersama mereka,” ucap Mark Zuckerberg.

Sampai saat ini, Oculus telah mendapatkan 75 ribu pesanan Oculus Rift. Hal ini memposisikan mereka sebagai pemimpin teknologi virtual reality. Menurut Palmer Luckey, “Dalam 10 tahun kedepan, virtual reality akan menjadi umum, terjangkau, dan transformative. Semuanya akan dimulai dengan pengalaman game generasi berikutnya. Partnership dengan Facebook akan memastikan bahwa platform Oculus akan datang dan mengubah dunia game selamanya.”

Bagaimana menurut Anda Sobat Studentpreneur? Bisakah Palmer Luckey yang masih berusia 21 tahun mewujudkan mimpinya? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Merasa Punya Ide Bisnis Brilliant? Lakukan Hal Ini

Ide Bisnis Dihina? Jangan Menyerah

Ini Dia Keuntungan Menjadi Entrepreneur

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+