Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Studentpreneur Indonesia

Woww… Perusahaan Lokal Ini Mendapat Investasi Satu Triliun Rupiah


Investasi dari Softbank dan Sequioa Ini Merupakan Rekor Investasi Terbesar yang Pernah Diterima Dunia Internet Indonesia!

Juragan-juragan yang aktif di forum jual beli pasti tak asing dengan tokopedia. Salah satu situs belanja online terbesar di Indonesia ini baru saja memecahkan rekor nilai investasi di Asia Tenggara. Nilai kontraknya mencapai 100 juta USD atau setara dengan 1,2 triliun rupiah.

Sejak peluncurannya pada pada tahun 2009, Tokopedia tegas memantapkan dirinya sebagai salah satu pemimpin e-commerce di Indonesia. Hal itu ditunjukkan dari data statistik bahwa Tokopedia selalu dikunjungi oleh 10 juta pengguna internet setiap bulan. Tak hanya itu saja, sepanjang empat tahun beroperasi, telah terjadi transaksi jual beli sebanyak 24 juta kali di situs Tokopedia. Situs Tokopedia menjadi salah satu situs jual beli online yang terpercaya. Oleh karena itu, tidak sedikit masyarakat yang berkunjung ke Tokopedia untuk membeli anaka macam barang kebutuhannya. Hal inilah yang membuat situs Tokopedia menjadi salah satu situs belanja online terbesar di Indonesia.

 

Tidak Ada Blacklist

Tak banyak perusahaan-perusahaan asing yang mempercayakan investasi mereka dalam jumlah besar ke perusahaan di Indonesia. Terlebih, dalam dunia online termasuk forum jual beli secara online. Hal ini dikarenakan beberapa tahun yang lalu, Indonesia sempat mendapat blacklist dari para perusahaan asing karena berbagai macam aksi pembobolan yang dilakukan oleh orang Indonesia dalam transaksi online. Beruntung, Tokopedia diklasifikasikan sebagai salah satu perusahaan portal web, yang tidak diblokir dari investasi asing. CEO Tokopedia, Tanuwijaya menjelaskan bahwa perusahaannya memungkinkan setiap pembeli untuk mencari produk-produk yang berkualitas dimana tidak didapatkan di situs online lainnya.

William-1

Mencetak Rekor

Berawal dari reputasi yang sangat baik, Tokopedia pun akhirnya mendapat kepercayaan dari perusahaan asing untuk menginvestasikan sejumlah dananya. Tidak tanggung-tanggung, Tokopedia baru saja mendapat suntikan dana dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital sebesar 100 juta USD atau setara dengan 1,2 triliun rupiah. Investasi kedua perusahaan tersebut ke Tokopedia mencetak rekor investasi terbesar di Indonesia dan juga di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, pendanaan ini juga mengalahkan investasi yang baru saja diterima GrabTaxi, perusahaan asal Malaysia yang bernilai 65 juta USD. Namun, hal ini juga menunjukkan bahwa negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki potensi yang cukup besar untuk berbisnis online.

 

Investor Besar

Tanuwijaya menyebutkan bahwa Tokopedia bukanlah perusahaan e-commerce. Tokopedia adalah sebuah perusahaan internet, yang membantu orang lain melakukan e-commerce dengan mudah dan aman. Dirinya selalu berkeinginan untuk membangun sebuah platform, dan saya tahu ini adalah bisnis jangka-panjang yang sangat membutuhkan waktu untuk berkembang. Oleh karena itu, dirinya membutuhkan partner jangka-panjang yang dapat mengerti mengenai hal ini. Itulah alasannya menerima tawaran kerja sama dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital. Pasalnya, kedua perusahaan ini mencatatkan diri sebagai perusahaan yang juga mendanai sejumlah perusahaan besar seperti Apple, CISCO, Oracle, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, WhatsApp, dan Instagram.

 

Membangun Tim Terbaik

Selain itu, Tanuwijaya juga ingin membangun sebuah produk yang dapat membawa manfaat positif ke masyarakat, menciptakan kesempatan, dan lapangan pekerjaan baru. Dirinya ingin bekerja sama dengan tim yang telah menyaksikan evolusi dari perusahaan teknologi terdepan di dunia, baik di masa indah dan masa buruknya. Dirinya ingin bermitra dengan institusi yang dapat menggali potensi terbaik dari para entrepreneurs.

Oleh karena itu, dengan babak baru ini, Tokopedia akan memiliki sumber daya yang cukup untuk membentuk tim terbaik. Tauwijaya akan mengembangkan teknologi kelas dunia untuk membantu para juragan (pedagang dan pembeli) dan memberikan pengalaman yang terbaik dalam bertransaksi. Tanuwijaya akan selalu memprioritaskan pengguna, dan fokus agar para pengguna lebih sukses dalam berbisnis. Hal tersebut tentu menjadi bagian paling penting dari model bisnis Tokopedia.

 

Tidak Ada Keraguan

Sementara itu, kehadiran SoftBank sebagai investor bertujuan untuk membangun dan mempercepat pertumbuhan perusahaan internet di Asia Tenggara. Oleh karena itu, pihaknya sangat senang bisa bekerja sama dengan Tokopedia. Di kawasan Asia, potensi pertumbuhan pasar online sangat menonjol terlebih di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Menurut SoftBank, Tokopedia telah melihat pertumbuhan yang luar biasa dengan model bisnis yang inovatif dari Tokopedia. Oleh karena itu, SoftBank sama sekali tidak menunjukkan keraguannya untuk berinvestasi dalam jumlah besar. Pihak SoftBank dan juga Sequoia juga akan berada di jajaran direksi untuk memastikan kemajuan bisnis Tokopedia kedepan nantinya.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. 

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Gadis 16 Tahun Raup Jutaan Rupiah per Bulan Dari Bisnisnya

Berbincang Dengan Investor Muda Tersukses di Indonesia

Tertarik Bermain Saham?

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+