Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Salesman Asal Jerman Jadi Salah Satu Orang Terkaya di Hong Kong


Berawal dari menjadi seorang sales, pria asal Jerman ini berhasil menjadi orang terkaya di Hong Kong.

Merantaulah agar kau tahu kenapa kau harus pulang, mungkin itu pepatah yang tepat untuk Horst Julius Pudwill. Pudwill adalah orang asli Jerman yang merantau jauh ke Asia, tepatnya Hong Kong. Pudwill kemudian mengetahui tentang potensi dari Asia, khususnya Hong Kong. Di Hong Kong Pudwill sangat sukses, dia yang awalnya bekerja sebagai sales akhirnya membuat perusahaan sendiri. Perusahaan yang didirikannya adalah Techtronic Industries. Sekarang Pudill menempati urutan ke 43 orang terkaya di Hong Kong dengan kekayaan 11 triliun rupiah.

 

Bekerja sebagai sales manager

Banyak sebutan sales, mulai dari marketing manager sampai sales manager. Tetapi yang namanya sales tetap sales. Tetapi menjadi sales bukan berarti Anda disebut pegawai rendahan, Pudwill membuktikan bahwa menjadi sales tidak selalu akan gagal. Dia di Jerman bekerja di bagian sales marketing mobil Volkswagen. Dia kemudian ditugaskan ke Hong Kong untuk melebarkan sayap Volkswagen di Asia. Pudwill masuk ke Hong Kong pada tahun 70an. Kehidupan Pudwill di Hong Kong tidak berbeda jauh ketika di Jerman, dia selalu berusaha keras untuk memasarkan produk Volksawagen.

 

Mempunyai partner dan memulai berbisnis

Ketika bekerja di Hong Kong tersebut, dia menemukan peluang bisnis. Ketika Hong Kong sedang berkembang, dia melihat peluang untuk bisnis elektronik. Karena tidak mempunyai modal yang cukup, Pudwill mencari partner. Pertama yang dilakukan Pudwill adalah mencari partner orang Hong Kong asli, karena membuat bisnis di Hong Kong sebagai pendatang terlalu beresiko. Akhirnya pada tahun 1985, dia bersama Roy Chung Chi-ping, partner bisnisnya membuka Techtronic Industrics. Perusahaan tersebut adalah perusahaan pengisi baterai isi ulang. Sangat sederhana, bahkan karyawan Techtronic hanya berjumlah 6 orang, termasuk Pudwill dan partnernya.

Pertama kali perusahaannya sangat fokus terhadap baterai isi ulang, Pudwill berjualan kemana-mana. Setelah keluar sebagai sales Volkswagen, dia fokus untuk mengembangkan bisnisnya. Ketika permintaan meningkat, Pudwill tidak segan untuk menambah karyawan.

horst-pudwill

Brand adalah kunci

Pudwill sangat mengerti, untuk membangun sebuah usaha, brand atau merk adalah kunci. Anda mungkin bisa membangun brand sendiri dan menjadikan brand Anda kuat, tetapi butuh waktu yang lama. Trik Pudwill kali ini adalah membeli sebuah brand. Pada tahun 90an, dia membeli beberapa brand elektronik di Hong Kong. Bahkan perusahaannya menjadi salah satu supplier vacuum cleaner di Hong Kong. Keuntungannya pun meningkat. Pada tahun 2000, Techtronic membeli brand elektronik di Jepang, Ryobi Unlimited seharga 626 juta dolar. Sekarang Techtronic menjadi salah satu raja elektronik di Hong Kong, Asia Tenggara sampai Amerika. Produknya yang terkenal adalah Milwaukee Electric, Homelite, Dirt Devil dan Hoover vacuum cleaners.
Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Berlin]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Ini Caranya Membangun Bisnis Kecil yang Sukses

Meski Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Muda Ini Harumkan Indonesia di Dunia Internasional

Entrepreneur, Dilahirkan Atau Diciptakan?

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+