Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Anda Pernah Ditolak? Artinya Tuhan memberikan Alternatif Lain Yang Lebih Baik


Sekilas kalau baca judul diatas, penolakan disini bukan ditolak cewe loh ya… Yap, terlepas dari itu tidak ada satu orang pun di dunia ini terlahir dengan kesempurnaan. Apalagi, setiap orang pasti pernah mengalami penolakan kok. Kadang penolakan itu membuat kita jera untuk melakukan sesuatu, bahkan menjadi kepahitan tersendiri. Tapi di lain pihak, penolakan merupakan obat mujarab untuk kesuksesan.

Menurut saya, penolakan seperti ada cheerleader yang tidak capek-capeknya berteriak memotivasi untuk bangkit lagi. Maju… Maju…. Maju terus …. Lucu memang bagi anda yang berpikir secara mainstream karena biasa dengan berpikir untuk cepat quit. Coba kita lihat contoh berikut, penulis besar Steven King hampir melakukan kesalahan besar senilai jutaan dollar ketika ia membuang naskah berjudul “Carrie” ke kantong keranjang sampah karena ditolak oleh penerbit. Penerbit berkata, “kami tidak tertarik dengan fiksi ilmiah yang berhubungan dengan utopia negatif”. Untung istrinya memungut kembali naskah itu dan akhirnya “Carrie” diterbitkan penerbit lain, terjual lebih dari 4 juta eksemplar bahkan dijadikan film yang laris. Wooow amazing kan???

sergey brin

Contoh lain, tahun 1998, pendiri Google yang terkenal Sergey Brin dan Larry Page mencoba mendekati Yahoo! Dan menawarkan sebuah akuisisi. Yahoo, tentu saja dengan mudahnya memberikan beberapa lembar sahamnya, tapi apa yang terjadi? Sebaliknya pihak Yahoo malah menganjurkan untuk menyempurnakan proyek sekolah mereka dan kembali lagi ketika sudah besar. Hal yang luar biasa terjadi dalam 5 tahun, dan Google memiliki kapitalisasi pasar senilai $20 juta, dan pada tahun 2007, pihak Google meluncurkan lelang penawaran pada public yang akhirnya menghasilkan $1,67 Milliar. Wah coba kalau duo pentolan Google menyerah dulu, tidak bisa sebesar sekarang.

Intinya buatlah agar penolakan tersebut menjadi trigger untuk lebih maju. Kalo ditolak lagi, artinya Tuhan memberikan alternatif lain yang lebih baik, Tuhan tidak pernah tidur.

 

Jadi Sobat Studentpreneur, masihkah kalian merasa takut untuk ditolak?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter