Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Buatlah Pelanggan Bekerja Untuk Anda


Mana yang akan membuat Anda membeli biskuit, menonton sebuah iklan biscuit di televisi yang mengatakan bahwa biskuit tersebut enak, atau ada seorang sahabat yang bercerita betapa enak biskuit yang dia makan tadi siang? Biskuit yang direkomendasikan teman Anda mempunyai peluang lebih besar untuk Anda beli daripada biskuit yang ada di TV. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial, sangat percaya dengan rekomendasi yang diberikan oleh teman atau kerabat. Oleh karena itu, salah satu teknik marketing paling efektif adalah word of mouth, atau marketing mulut ke mulut mengandalkan rekomendasi dari pelanggan Anda.

wom marketing

Produk yang bagus secara otomatis akan membuat pelanggan Anda bercerita ke temannya. Namun, apabila Anda sedikit lebih kreatif lagi, Anda mungkin bisa membuat pelanggan Anda lebih bersemangat lagi untuk merekomendasikan produk ke teman dan kerabatnya. Ya, sistem referral kini mulai banyak digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan biaya yang jauh lebih murah.

Intinya, selain produk Anda memang harus bagus, Anda juga harus berikan insentif pada pelanggan yang berhasil membuat teman atau kerabatnya juga memakai produk Anda. Insentif ini tidak harus uang, bisa saja dengan cara lain. Contoh yang paling Saya suka adalah cara DropBox membuat pelanggannya sangat aktif untuk mencari pelanggan baru. Tiap teman baru yang dibawa oleh pelanggan DropBox, maka pelanggan tersebut akan mendapatkan gratis space 250 MB lagi. Awalnya, space DropBox yang gratis hanya 5 GB, dengan cara merekomendasikan 20 orang teman menjadi pengguna DropBox, maka seorang pelanggan DropBox akan mendapatkan tambahan space gratis sebanyak 5 GB, menyamai apa yang mereka dapatkan di awal.

Cara menarik lainnya pernah dilakukan oleh salah satu tempat fitness terkenal di Indonesia, Celebrity Fitness. Dulu Saya pernah diajak fitness oleh teman Saya. Ketika seorang pelanggan Celebrity Fitness mengajak temannya, maka teman tersebut akan diberi kesempatan fitness gratis selama 1 minggu. Apabila teman tersebut akhirnya juga menjadi pelanggan Celebrity Fitness, maka pelanggan yang merekomendasikannya akan mendapatkan gratis 1 bulan membership Celebrity Fitness. Dengan cara ini, Celebrity Fitness terus berkembang menambah pelanggan dengan sangat cepat.

Apakah Anda mempunyai contoh lain Sobat Studentpreneur?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter