Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Brainstorming yang Efektif


Ciptakan Brainstorming, bukan Braindrizzles

Ketika merencanakan sesuatu yang besar pasti kita akan melakukan Brainstorming untuk mendapatkan berbagai ide segar. Namun saat kita melakukannya malah sedikit sekali ide yang muncul. Sedikitnya ide yang muncul membuat perencanaan kita tidak optimal. Ada berbagai aturan yang bisa diterapkan ketika ingin menciptakan Brainstorming yang luar biasa. Berikut 7 aturan yang telah disusun oleh Tim Studentpreneur:

 

Classical_Brainstorming_and_Double_Brainstorming

 

1.      Undang otak saja

Pada umumnya, setiap organisasi selalu terdiri dari 2 tipe individu, yaitu orang-orang yang selalu berkata iya dan orang-orang yang selalu memilki pemikiran sendiri. Jika ingin melakukan Brainstorming bersama orang lain, undanglah saja orang-orang yang selalu memiliki pemikiran sendiri. Tidak ada gunanya mengajak anggota tim yang hanya bisa berkata iya.

 

2.      Batasi Waktu

Memiliki waktu yang terbatas akan membuat otak bekerja lebih keras. Buatlah batasan waktu antara sekitar 10-30 menit. Pastikan juga Brainstorming dimulai dan diakhiri tepat waktu. Sesi brainstorming yang terlalu lama biasanya tidak akan menghasilkan apa-apa.

 

3.      Jangan ada elektronik

Berbagai barang elektronik dapat menyita perhatian kita. Untuk itulah singkirkan dulu Smartphone, Tablet, ataupun Notebook. Matikan juga TV, Radio atau elektronik sejenisnya. Pengecualian bagi elektronik yang digunakan untuk menyetel lagu, barang tersebut dapat diberikan toleransi.

 

4.      Singkirkan dulu pertimbangan Anda

Jika ada ide yang terlihat agak buruk muncul, jangan langsung dihakimi. Singkirkan dulu pertimbangan setelah proses brainstorming selesai. Dengan begini akan membuat ide-ide yang muncul semakin beragam.

 

5.      Selalu catat

Banyak orang sering lupa mencatat ide yang muncul. Biasakan untuk selalu mencatat setiap ide yang terlintas di pikiran. Catat di papan atau kertas. Dengan begitu saat ide tersebut sudah tidak muncul lagi namun jejaknya sudah terekam.

 

6.      Utamakan kuantitas, bukan kualitas

Ketika sudah menemukan ide yang dianggap brilian. jangan hentikan proses brainstorming. Tetaplah lakukan hingga waktu untuk proses brainstorming selesai. Hal ini akan membuat jumlah ide yang terkumpul lebih banyak.

 

7.      Pastikan semuanya terjaga

Jika merasa agak mengantuk atau kurang bersemangat cobalah untuk menghirup lebih banyak oksigen terlebih dahulu. Selain itu juga cobalah untuk minum minuman segar atau minuman energi yang memiliki banyak kafein.

 

Jadi itulah 7 aturan yang akan membuat kita dapat benar-benar menciptakan hujan badai, bukan sekedar gerimis ketika melakukan proses Brainstorming. Semoga Sobat Studentpreneur dapat menemukan berbagai ide brilian yang dapat dieksekusi dari proses Brainstorming yang efektif. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga:

Louis Barnett – Justin Bieber-nya Cokelat

Ini yang Dibutuhkan Untuk Membangun Startup

Imelia – Perjuangan Gadis Cantik Pemilik Bengkel

 

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+