Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People teknologi

Rudiantara Mampu Perbaiki Komunikasi dan Informasi Indonesia


Banyak Keputusan Kontroversial yang Harus Diambil Oleh Menkominfo Indonesia. Bisakah Rudiantara Menerima Tekanannya?

Sebelum ditunjuk sebagai Menteri, Rudiantara pernah menjabat sebagai Direktur pada hampir semua perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Tak salah rasanya jika Rudiantara didaulat menjadi Menteri Komunikasi dan Informasi pada Kabinet Kerja periode 2014-2019.

Sosok Rudiantara kini mulai ramai diperbincangkan di media massa karena penunjukannya sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi periode 2014-2019. Hal tersebut tentunya sesuai dengan pengalamannya yang malang melintang di dunia telekomunikasi Indonesia. Oleh karena itu, tidak sedikit yang meragukan kemampuannya untuk mengemban tugas di bidang komunikasi dan informasi.

Rudiantara mengawali karirnya di PT Indosat pada tahun 1986. Kemudian, dirinya berlanjut menangani Telkomsel pada tahun 1996. Lalu, Rudiantara juga mencicipi karir sebagai direktur di XL Axiata (dulu Excelcomindo Pratama) pada tahun 2005. Pria kelahiran Bogor, 3 Mei 1959 ini kemudian menangani beberapa perusahaan BUMN diluar bidangnya seperti PLN dan Semen Gresik. Tapi, akhirnya Rudiantara kembali menangani perusahaan di bidang telekomunikasi yakni perusahaan pemerintah, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk (2011).

profil-rudiantara

Orang yang Tepat

Usai menempuh kuliah pada program studi Statistik di Universitas Padjajaran, Rudiantara banyak meniti karir di bidang telekomunikasi. Karirnya di bidang telekomunikasi langsung melejit dan menjadi Direktur pada tiga perusahaan operator seluler terbesar di Indonesia. Bahkan, tidak sedikit yang menilai Rudiantara sebagai seorang sosok menteri yang paling kompeten di bidangnya dibandingkan menteri yang lainnya. Bagi banyak orang, sosok Rudiantara memang memiliki kecakapan di bidang telekomunikasi. Rudiantara rasanya tidak akan perlu berlama-lama beradaptasi untuk menjalankan tugas sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi karena rekam jejak karir sebelumnya. Pasalnya, Rudiantara dinilai sangat memahami pengaturan, program, dan alokasi frekuensi yang tepat agar keperluan komunikasi di Indonesia berjalan baik.

 

Tantangan Telekomunikasi Indonesia

Karir Rudiantara juga semakin cemerlang ketika beliau menempati posisi penting di PLN yaitu sebagai wakil direktur. Beliau ikut terlibat dalam pencarian dana perusahaan, khususnya pinjaman bagi proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt hingga pengunduran dirinya di tahun 2009. Tahun 2012 Rudiantara kembali ke Indosat sebagai komisaris dan akhirnya di tahun 2014, beliau ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia. Beliau berhasil menyisihkan kandidat-kandidat kuat lainnya seperti Niken Widiastuti (Dirut RRI), Richardus Eko Indrajit (Ketua APTIKOM), Gatot S. Dewa Broto (Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora), dan Onno W. Purbo (Akademisi dan Praktisi TI). Namun, sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara akan menghadaoi salah satu tantangan terberat. Tantangan tersebut adalah masalah membangun infrastruktur, tata kelola frekuensi dan kecepatan internet di Indonesia.

 

Aktif Berorganisasi

Selain karirnya yang mencolok di berbagai operator seluler terbesar di Indonesia, Rudiantara juga aktif di berbagai organisasi telekomunikasi. Rudiantara aktif sebagai Sekjen Asosiasi Telekomunikasi Indonesia (ATSI) dan juga tercatat tercatat sebagai Komisaris Utama PT Rukun Raharja sejak Juni 2014. Oleh karena itu, Rudiantara dinilai memiliki pemahaman yang mendalam terhadap situasi dan perkembangan industri telekomunikasi terkini di Indonesia. Sosok Rudiantara dikenal memiliki pandangan dan penilaian yang cukup obyektif terhadap berbagai persoalan dan isu pada industri telekomunikasi. Hal ini diharapkan akan menjadi bekal penting dalam menyelesaiakan sejumlah isu dan persoalan industri di bidang telekomunikasi.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Yuk Main Saham!

Pria Ini Menjadi Salah Satu Terkaya di Jepang Karena Hello Kitty

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+