Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Menyapa Idola Anda di Twitter


Setiap pebisnis selalu mempunyai idolanya sendiri. Bagi kebanyakan orang, mustahil rasanya untuk mengenal dan bertemu idola bisnisnya. Idola bisnis pasti seseorang yang sangat sibuk dan tidak punya waktu untuk bertemu dengan kita yang orang biasa. Namun, dengan era teknologi yang semakin maju dan semakin banyaknya orang yang memiliki akun di Twitter, kita mempunyai kesempatan untuk mengenal idola bisnis kita. Saat ini, banyak sekali pebisnis besar di dunia yang mempunyai akun Twitternya sendiri. Ini dia beberapa tips sederhana yang bisa Anda gunakan untuk menyapa idola Anda di Twitter.

 

Harus Realistis

Tips twitter pertama ini mungkin agak menyakitkan hati, tapi Anda harus realistis. Rasanya tidak mungkin tweet pertama Anda langsung dibalas oleh Bill Gates atau Richard Branson, dua pebisnis besar dunia yang juga aktif Twitter. Mereka mempunyai jutaan followers yang pasti juga dimention oleh puluhan ribu orang tiap harinya. Anda harus super beruntung untuk bisa menyapa mereka. Daripada itu, lebih baik Anda menyapa idola bisnis dengan follower di bawah 100 ribu orang dan berkaitan dengan industry Anda. Contoh, apabila Anda seorang pebisnis kuliner, lalu mengikuti dan menyapa pebisnis kuliner, ada peluang besar pebisnis tersebut merespon mention atau bahkan memfollow Anda selaku satu industri.

TWeet-Icons

Sapa Orang Dekatnya

Kalau Anda masih ingin berbincang dengan idola bisnis yang mempunyai follower di atas 100 ribu orang, ada cara yang sedikit memutar, tapi juga bisa dipakai. Cari tahu siapa orang dekat yang bekerja langsung dengan idola bisnis Anda, dan mempunyai follower di bawah 100 ribu orang. Buatlah orang dekat itu kenal, memfollow Anda, dan ajak ketemuan. Setelahnya, Anda bisa memintanya untuk memention Anda ke idola bisnis tersebut. Sedikit memutar memang, tapi ada peluang besar untuk berhasil.

 

Cari Kesamaan

Bermain Twitter hampir sama dengan hubungan nyata. Apabila Anda ingin dianggap dan dikenal seseorang, ada baiknya memulai obrolan (atau mention kalo di Twitter) dengan topik kesamaan yang Anda punyai. Seperti tips pertama, kesamaan paling mudah adalah kesamaan industri. Bisa juga kalau Anda sama-sama berasal dari institusi tertentu, atau bahkan pertama kali Tim Studentpreneur kenal Yoris Sebastian, orang berpengaruh di bidang kreatif Indonesia, hanya karena sama-sama memakai gadget yang sama dan saling berbagi tips. Cari kesamaan Anda dengan idola bisnis Anda, lalu mention dia dengan obrolan kesamaan tersebut.

 

Hubungi, Tapi Jangan Terlalu Menggebu-gebu

Bayangkan kalau ada seseorang memfollow Anda, lalu tiap jam memention Anda, atau paling parah, tiap tweet Anda di retweet? Apakah Anda tidak merasa risih? Idola bisnis Anda juga manusia normal, yang akan merasa risih apabila Anda berlebihan dalam menghubungi mereka. Tweet ke mereka paling banyak 3-4 kali seminggu, dengan topik seperti tips sebelumnya, atau menanyakan tentang produk mereka yang terbaru. Anda juga bisa mengambil hati dengan memberi saran perbaikan pada produk mereka. Idola bisnis yang baik pasti akan sangat peduli dengan saran dan kritikan dari pelanggannya.

 

Sabar dan Terus Coba

Sudah melakukan semua tips namun tetap tidak direspon? Ada satu nasehat dasar tapi akan sangat berguna. Terus ingat bahwa mereka menjadi idola bisnis karena mereka sukses di dunia bisnis, yang artinya mereka super sibuk. Semuanya butuh waktu dan apabila Anda cukup sabar dan terus mencoba, mereka akhirnya akan penasaran dan mengecek profil Anda.

 

Ada tips lain Sobat Studentpreneur? Mungkin pengalaman Anda dibalas oleh idola bisnis? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Pemenang Wirausaha Muda Mandiri Terbitkan Buku

Mantan Petinggi Facebook: Eksekusi Lebih Penting Dari Ide

Twitter Ciptakan Real-Time Music Chart

 

 

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+