Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Cool Place – Silicon Valley


Di sebuah tempat di dunia ini, mungkin kita harus tahu sebuah fakta bahwa dapat dikatakan pusat peradaban industri di dunia ini berada di belahan benua Amerika. Tempat itu terpusat di sebuah daerah yang bernama Silicon Valley. Menelusuri sejarah panjang Silicon valley, tempat ini disebutkan demikian oleh Ralph Vaerst dalam sebuah artikel mingguan di surat kabar Electronic News. Tercatat pada 11 Januari 1971, istilah pertama Silicon Valley digunakan dalam sebuah artikel yang berjudul “Silicon Valley in the USA”.

Silicon Valley sendiri merupakan sebuah lembah dimana perusahaan-perusahaan teknologi menempati lokasi tersebut. Istilah Valley didapat dari tempat dimana area ini berada, yaitu di sebuah lembah.Lembah tersebut terletak pada bagian selatan Teluk San Fransisco di Kalifornia bagian selatan. Karena semakin banyaknya industri semi konduktor yang berkembang di kemudian hari, maka tempat ini semakin populer. Kemudian, istilah Silicon di dapat dari banyaknya bahan ini terpakai pada industri semi konduktor di sana. Maka jadilah istilah Silicon valley seperti yang kita kenal sekarang.

Silicon valley ini terbentang di bagian selatan San Fransisco Bay area di Kalifornia Selatan, sampai saat ini masih terdapat industri-industri besar yang berada disana. Area ini mencakup San Jose, Peninsula selatan dan southern East Bay selatan. Bisa dikatakan, tempat ini menjadi sebuah area pusat pengembangan teknologi maju di dunia. Meskipun demikian, di Silicon Valley juga dapat di temukan industri lain yang tak kalah maju seperti pusat pengembangan teknologi dan akunting yang mempunyai peranan vital dari investasi di Amerika Serikat.

Perkembangan Silicon Valley

Perkembangan industri yang cukup pesat di Silicon Valley mengakibatkan industri di Amerika sangat bergairah. Awal perkembangan Silicon Valley yang semula adalah pusat industri elektronika. Lambat laun menjadi kawasan industri yang lebih kompleks. Kita dapat menemukan kawasan industri radio, televisi, bahkan komponen elektronika untuk militer. Silicon Valley menjadi kota yang sangat penting dalam awal sejarah teknologi maju. Di tempat ini pulalah tabung vakum Audion dan oskiloskop Hewlett-Packard pertama kali ditemukan. Alat ini ditemukan oleh Lee De Forest. Semangat kebersamaan yang terjalin dari tempat ini, mampu membuat Silicon Valley bangkit dan semakin populer. Para petinggi yang berada pada Stanford University melihat hal ini manjadi sebuah misi orang-orang barat untuk lebih maju, kemudian mereka mengembangkan sekolah-sekolah di sana untuk lebih berkembang lagi. Ini menjadikan kedudukan para petinggi maupun Universitas Stanford menjadi sangat penting disana bagaimanapun juga, mereka turut mengembangkan dan mempunyai andil yang cukup besar di Silicon Valley pada lima puluh tahun pertama.

Pada pertengahan abad ke 20, tepatnya antara era 1940 hingga era 1950an, Frederick Terman (petinggi di Universitas Stanford) turut serta mengembangkan serta mendorong perusahaan untuk menjadi cikal bakal perusahaan besar, diantaranya Hewlett-Packard, Varian Associates, dan berbagai industri hi-tech yang maju. Oleh karena itulah atas jasa-jasanya, Frederick Terman di kenal sebagai Bapak dari Silicon valley. Pada pertengahan abad ke-20 itu juga muncul industri baru yang berpengaruh misalnya Bell telephone Laboratories, Shockley Semiconductor, Fairchild Semi Conductor, dan Xerox PARC.

Silicon Valley Map

 

Akar perkembangan revolusi teknologi informasi, radio, dan teknologi militer

Silicon Valley mempunyai peranan yang sangat penting dalam revolusi industri teknologi. Di tempat inilah ditemukan berbagai komponen-komponen elektronik yang canggih, misalnya sirkuit silikon yang terintegrasi, mikroprosesor, mikrokomputer, dan lain lain yang menjadi kunci dari teknologi modern. Di Silicon valley pula terdapat banyak pekerja yang melimpah dengan ilmu pengetahuan yang sangat maju. Dapat dikatakan, orang-orang yang pandai mendiami kawasan ini, para insinyur yang canggih bekerja di banyak bidang yang mengakibatkan tempat ini semakin berkembang. Peneliti-peneliti muda hingga pekerja ahli yang membangun kota ini semakin banyak karena disuplai terus menerus oleh Standford University. Ini mengakibatkan kesempatan berkembang dari Silicon valley sangat besar.

Di San Fransisco Bay terdapat pusat penelitian angkatan laut. Di sini, untuk pertama kalinya di kembangkan stasiun radio oleh Charles Herrold pada tahun 1909. Sekali lagi, seorang ahli jebolan Stanford University mengembangkan perusahaan yang di beri nama FTC (federal telegraph Corporation). Perusahaan ini berhasil menciptakan sistem komunikasi radio global untuk pertama kalinya pada tahun 1919. Tepatnya di California, kita dapat menemukan pangkalan militer angkatan laut Amerika Serikat. Pemerintah Amerika memerintahkan Air Base Sunnyvale untuk menempati NAS (Naval Air Station). Di sekitar tempat ini, pada awal banyak berdiri perusahaan yang menempati sekitar pangkalan militer tersebut untuk melayani mereka. Namun ketika pangkalan militer ini dipindahkan, perusahanan-perusahaan yang melayani mereka sebagian tetap beroperasi. Di kemudian hari, secara perlahan tempat ini menjadi area yang menangani kebutuhan militer (Lockheed adalah salah satu perusahaan yang sukses menjadi agen penerbangan).

Stanford Industrial Park

Stanford Industrial park merupakan ide pengembangan kawasan industri yang dicetuskan untuk pertama kalinya oleh Frederick Terman. Dia menyewakan sebuah kawasan di dekat kawasan Standford pada perusahaan-perusahaan teknologi ternama secara terbatas. Di kawasan ini muncul perusahaan ternama seperti Varian Associates yang menjual komponen radar militer. Hewlett-Packard merupakan salah satu perusahaan yang ternama di dunia yang berada di kawasan ini. Awalnya perusahaan ini didirikan oleh alumnus dari Standford University, yaitu Willian Hewlett dan David Packard. Hewlett-Packard berhasil menjelma menjadi sebuah perusahaan raksasa di dunia dalam perdagangan komputer. Mereka juga berhasil menciptakan mesin cetak pertama yang kita kenal sebagai ink jet printer. Hingga pada akhirnya perusahaan ini berubah menjadi perusahaan printer cetak besar.

Perkembangan software

Meskipun semikonduktor berkembang dengan pesat, Silicon Valley juga terkenal software dan layanan internet yang marak sampai sekarang. Tempat ini, bagaimanapun juga mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan software komputer, sistem operasi komputer, hingga interfaces. Pada era 1960-an, Doug Engelbart berhasil menciptakan mouse dan hypertext=based collaboration tools. Kemudian, Xerox dengan cerdas memperkerjakan peneliti-peneliti terbaik dari perusahaan yang didirikan oleh Doug Engelbart. Perusahaan Doug Engelbart mengalami masa-masa suram karena konflik internal hingga akhirnya redup. Pada akhirnya usaha Xerox membuahkan hasil yang signifikan, mereka berhasil mengembangkan GUIs (Graphical User Interfaces), Ethernet, printer laser dan PostSript. Ketika Xerox berhasil menciptakan software-software tersebut, kesuksesannya diikuti oleh diadaptasikannya teknologi-teknologi tersebut dalam berbagai jenis. Tercatat perusahaan software mengekor kesuksesannya, seperti 3Com, Adobe, Cisco, AppleComputer, dan terakhir Microsoft. Apple’s Macintosh merupakan ide terbaik yang dikembangkan oleh Steve Jobs.

Silicon Valley Connections

Area yang mencakup Silicon Valley

Menurut perkembangannya, di kemudian hari area yang mencakup Silicon Valley terus berubah. Secara geografis, batas area Silicon Valley sangat beragam. Pusat dari Silicon Valley terletak di Santa Clara County dengan sebagian wilayah yang tercakup dari San Mateo, Alameda, dan Santa Cruz County. Hingga kemudian hari, seluruh wilayah san Mateo di masukkan pada Silicon Valley. Banyak kota penting yang terletak pada Silicon Valley diantaranya Cupertino, Gilroy, Los Altos, Daly City, San carlos, San Bruno, dan lain-lain. Merek terus berkembang hingga kini.

Adi Candra Bachtiar

Adi Candra adalah alumni ITS, pelaku desain, penggemar entrepreneurship, dan pendiri aidiotology.project

Facebook