Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Hayao Miyazaki Pensiun


Momen itu akhirnya datang juga. Legenda perfilman Jepang dan dunia, Hayao Miyazaki, mengumumkan pengunduran dirinya sesaat setelah premiere film terakhirnya, “The Wind Rises”. Legenda berusia 72 tahun yang sering disejajarkan dengan Walt Disney ini telah berkarir lebih dari 50 tahun, menghasilkan karya-karya legenda di Jepang. Masa kecil Anda kurang bahagia kalau tidak pernah menonton “Princess Mononoke” atau “Spirited Away”. Meskipun bergenre animasi, Princess Mononoke adalah film paling laris dalam sejarah industri film Jepang, sebelum dipecahkan oleh Spirited Away.

John Lasseter and Hayao Miyazaki

Meskipun juga sukses dengan puluhan film besar lainnya, Hayao Miyazaki tidak bisa dipisahkan dari Spirited Away. Film tentang seorang anak kecil yang berjuang menyelamatkan keluarganya di dunia yang dipenuhi oleh hantu dan monster berhasil memukau pengamat film di seluruh dunia. Spirited Away berhasil memenangkan Piala Oscar dan penghargaan Golden Bear pada Berlin International Film Festival. Film berikutnya, Howl’s Moving Castle juga dinominasikan di Piala Oscar. Hampir semua festival film dunia sudah pernah memberikan penghargaan khusus pada film-film Hayao Miyazaki.

Kesuksesan finansial? Setelah menggebrak dunia perfilman Jepang dengan keberhasilan Princess Mononoke menghasilkan $159 juta dollar, Hayao Miyazaki terus konsisten menghasilkan keuntungan besar bagi Studio Ghibli dan partnernya asal Amerika, Disney. Berikutnya, Spirited Away masih menjadi film paling laris yang pernah diputar di Jepang, dengan pendapatan 230 juta dollar hanya di Jepang, mengalahkan film legendaris lainnya seperti Titanic. Seluruh dunia, Spirited Away menghasilkan 274 juta dollar. Padahal, film ini hanya diproduksi dengan budget 15 juta dollar. Masih kurang? Ada lagi Howl’s Moving Castle yang menghasilkan 235 juta dollar hanya dengan biaya pembuatan 24 juta dollar. Kalau ditotal semua filmnya, Hayao Miyazaki telah menghasilkan milliaran dollar, menahbiskan dirinya sebagai salah satu pembuat film dengan penghasilan terbesar di dunia. Well, sudah bisa menggambarkan kualitas Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli miliknya kan?

hayao 4

 

hayao 3

Namun, pengaruh Hayao Miyazaki bukan hanya tentang uang. Beliau sebenarnya pernah pensiun setelah keberhasilan Princess Mononoke, namun memutuskan kembali ke dunia film untuk membuat Spirited Away. Beliau juga merupakan langganan nominasi Oscar dan bahkan mendapatkan “lifetime achievement award” dari Festival Film Venice. Hayao Miyazaki adalah inspirator bagi banyak orang, termasuk orang dibalik keberhasilan Pixar, John Lasseter (kreator Toy Story dan banyak film Pixar sukses lainnya). John Lasseter bahkan sampai memohon ke Disney untuk mengizinkan dirinya memimpin tim translasi Spirited Away ke Bahasa Inggris. Tidak terhitung jumlah anak muda kreatif lainnya yang menjadikan Hayao Miyazaki sebagai inspirator utama.

hayao 2

Tim Studentpreneur sangat sedih mendengar berita pensiunnya Hayao Miyazaki ini. Namun tidak tertutup kemungkinan sang legenda akan kembali membuat karya luar biasa, seperti yang beliau lakukan ketika masa pensiun pertama dulu. Kami akan membuat seri yang membahas serba-serbi tentang Hayao Miyazaki sebagai tanda kekaguman kami terhadap sumbangsih beliau. Sementara itu, untuk Sobat Studentpreneur yang belum pernah melihat karya Hayao Miyazaki, silahkan menonton trailer Spirited Away berikut ini. Anda akan dibawa ke dunia imajiner ala Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli.

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+