Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Inilah Kenapa Jokowi Layak Menjadi Seorang Presiden


Dari Sejak Menjadi Pengusaha, Jokowi Sudah Menunjukkan Kelayakan Menjadi Seorang Presiden.

Anda yang ingin menjadi seorang pengusaha sukses, cobalah belajar dari sosok Jokowi. Sejak muda, dirinya sudah bekerja keras hingga mengantarkannya pada kesuksesan. Bahkan, banyak orang yang terkesan karena kesederhanaannya hingga mengantarnya menjadi seorang Presiden ke-7 Republik Indonesia.

Presiden terpilih Ir H Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi akan dilantik secara resmi pada Senin (20/10/2014). Sejak awal kemunculannya, Jokowi sudah langsung dicintai oleh banyak orang lantaran sosoknya yang sederhana. Namun, dibalik kesederhanaannya tersebut, Jokowi juga merupakan seorang pengusaha yang sukses di bidang furnitur. Dari sejak menjadi pengusaha, beliau sudah terlihat mempunyai hal-hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang presiden.

 

Sosok Pekerja Keras

Sejak usianya masih sangat muda, Jokowi sudah dikenal sebagai sosok orang yang pekerja keras. Hal itu terlihat saat dirinya bekerja di perusahaan milik pemerintah, PT Kertas Kraft Aceh pada tahun 1986. Di perusahaan inilah Jokowi menunjukkan potensi yang dimilikinya dengan menjadi seorang pekerja yang sering keluar masuk hutan, terjun langsung ke lapangan dan bahkan menanam pohon seorang diri selama dua tahun. Pengalaman selama dua tahun bekerja dirasa cukup bagi seorang Jokowi untuk membangun usahanya sendiri.

Jokowi-Presiden-2-(1)

Pandai Membaca Situasi

Setelah dua tahun bekerja, Jokowi memutuskan pulang untuk kembali tanah kelahirannya ke Solo. Jokowi lantas memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan furnitur milik pamannya, CV Roda Jati. Dari sisnilah Jokowi lantas belajar banyak hal hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha furnitur. Pasalnya, di masa-masa tersebut, bisnis kayu sedang mengalami masa kejayaan. Akhirnya, Jokowi mendirikan CV Rakabu yang diambil dari nama anak pertama Jokowi (Ghibran Rakabuming) untuk dipakai sebagai usaha pertamanya.

 

Bangkit Dari Keterpurukan

Menjalankan bisnis memang tak semudah membalikkan telapak tangan, hal itulah yang dialami oleh Jokowi. Betapa tidak, seperti seorang pengusaha yang lainnya, Jokowi pun tak sepenuhnya berjalan sukses. Jokowi pun juga harus merasakan pahitnya tertipu order hingga senilai Rp 30 juta. Walaupun begitu, pengalaman tersebut tak menyurutkan langkah Jokowi dari sebuah perusahaan di Jakarta. Namun, pengalaman ini tak menyurutkan langkahnya untuk semakin mengembangkan bisnis furnitur.

 

Dipercaya Banyak Orang

Melalui sebuah program dana pinjaman yang digagas oleh pemerintah, CV Rakabu pun mendapatkan kuncuran dana hingga Rp 500 juta sebagai modal. Jokowi membuktikan bahwa memilih bisnis furnitur bukanlah pilihan yang salah. Jokowi lantas mengganti status CV Rakabu menjadi Perseroan terbatas (PT) yang akhirnya dipercaya banyak orang dan bahkan mendapat banyak pesanan furnitur dari dalam mapun luar negeri. Ketika sudah terjun di bidang politik, beliau menggunakan sifat “amanah” ini untuk mendapatkan hati rakyat, termasuk salah satunya menggunakan strategi blusukan.

 

Sukses Berkarir Politik

Lambat laun, bisnis Jokowi pun semakin berkembang dan mendapat rekanan kerja untuk mendirikan usaha bersama PT Toba Sejahtera. Kesuksesan Jokowi di bisnis furnitur mulai menarik perhatian kalangan pengusaha mebel. Jokowi pun kemudian diangkat menjadi Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Wilayah Solo. Dari sinilah nama Jokowi mulai terdengar di kalangan pelaku usaha sampai akhirnya dipinang PDI Perjuangan menjadi calon walikota Solo pada 2014. Pada akhirnya, karir Jokowi pun semakin mencuat dan menjadi terpilih menjadi seorang Presiden karena sosok kesederhanaan yang dimilikinya walaupun berprofesi sebagai seorang pengusaha.

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Belajar Bisnis Dari Jokowi

Pemuda Salatiga Berhasil Bangun Bisnis Ratusan Juta Rupiah

Tolong Katakan Bahwa Saya Payah

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+