Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Expert Tips

Memperkenalkan Happy Startup Canvas


Happy Startup Canvas Mungkin Bisa Membantu Anda Untuk Mengembangkan Startup dan Bisnis Idaman Lebih Cepat.

*Catatan Editor: Tiap hari Sabtu dan Minggu, Studentpreneur akan menerbitkan artikel bersifat tips dan opini milik ahli-ahli luar negeri yang disegani. Para ahli mengirimkan naskah dalam bahasa inggris, dan kami terjemahkan untuk Anda. Kali ini penulis adalah Laurence McCahill, pendiri Spook Studio, sebuah studio design terkenal, dan Happy Startup, inkubator bisnis di Inggris.* 

Terlalu banyak dunia startup berfokus pada mekanisme dalam memulai bisnis. Sambil bergerak cepat, sudah saatnya kita membuat bisnis kita lebih manusiawi dan dalam proses memberi mereka kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup.

Jika Anda menjalankan bisnis, Anda akan sering ditanya:

Apa strategi keluar Anda?

Saya selalu menemukan hal ini menjadi pertanyaan aneh, mungkin karena saya tidak berbisnis dengan tujuan menjualnya untuk uang picisan. Saya ingin mengambil kendali atas hidup saya, melakukan hal-hal dengan cara saya dan akhirnya membangun bisnis dalam bayangan saya. Wacana pendirian sesuatu yang Anda banggakan, hanya kemudian menyerahkannya ketika tawaran yang baik datang, itu tidak sesuai saya. Demikian juga mengejar investor awal dan memberikan kewajaran sebelum Anda menemukan customer yang bergairah.

“Ketika Anda mengambil uang dari investor, model bisnis mereka menjadi milikmu.” Steve Blank

Pendiri Startup harus menciptakan perusahaan sehingga mereka bisa hidup sesuai dengan aturan mereka sendiri, bukan orang lain – terutama investor atau pemegang saham.

Sementara akan selalu ada pengusaha yang berangkat dengan tujuan $10miliar, ada gerakan yang berkembang dari orang-orang yang memulai bisnis untuk alasan lain selain uang. Orang-orang ini ingin membangun perusahaan yang mereka banggakan. Perusahaan yang memiliki nilai-nilai pribadi mereka sendiri dan tujuan sebagai bagian dari DNA mereka. Perusahaan  yang berarti.

Will McInnes, pendiri konsultan bisnis sosial, Nixon McInnes (dan sesama Brightonian), memiliki hal menarik dalam mengambil itu:

 “Saya seorang pengusaha bingung – membingungkan karena saya tidak melakukannya untuk uang”

Di Happy Startup School, kita membantu generasi pengusaha baru ini untuk mewujudkan impian mereka. Startups yang menempatkan orang pada posisi pertama dan menempatkan kebahagiaan sebelum keuntungan.

Seperti kata-kata Dave Kashen, tokoh terkemuka pada budaya startup:

Dalam dunia startup, ribuan pengusaha fokus pada kecerdikan mereka untuk menemukan cara membuat jutaan dolar. Mereka mencari ketidakefisienan pasar dan fokus pada pertanyaan-pertanyaan seperti: “Akankah konsumen membayar untuk ini?” tanpa bertanya “Apakah ini akan membuat kehidupan masyarakat bermakna lebih baik?” Bukan berarti kita tidak harus mencoba untuk membuat uang, hanya saja uang yang hanya harus menjadi salah satu faktor kami untuk berusaha, dan itu memainkan peran sentral terlalu lama.

Dalam pembicaraan terakhir, ahli branding, Mark Sears mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan harus merencanakan warisan, bukan strategi untuk keluar. Brilliant.

Betapa berbedanya dunia bisnis kalau kita membuat keputusan untuk kebaikan jangka panjang, bukan untuk membuat pemegang saham senang.

Jadi, ketika orang bertanya kepada saya apa strategi keluar saya hari ini, tanggapan saya adalah:

“Kematian”

(Kami bahkan mengobrol dengan pengacara kami minggu lalu dan memberi mereka respon ini, untuk wajah bingung …).

 happy-startup

Anyway, kembali ke Canvas

Kebanyakan ide-ide startup didasarkan pada seperangkat asumsi. Penting bagi Anda untuk mengenali bahwa itu masih dugaan, sebagian besar belum teruji yang hampir pasti akan berubah setelah mereka datang ke dalam dunia nyata. Anda bisa mengambil ide-ide dan mengubahnya menjadi sebuah rencana bisnis 30 halaman atau mengambil pilihan yang masuk akal dan mendokumentasikan ini pada satu halaman.

Mari kita lihat di mana semuanya mulai …

 

The Business Model Canvas

1 halaman canvas Alex Osterwalder ini telah mengubah cara organisasi, baru dan lama, mengembangkan usaha mereka. Ini menangkap komponen penting dari model bisnis, dan berbagai pendekatan yang ahli tercakup dalam bukunya yang sangat bagus, Business Model Generation. Hebatnya, buku itu bersama diciptakan oleh 470 praktisi dari seluruh 45 negara, dan semua tergantung pada industri penerbitan.

 

The Lean Canvas

2 tahun kemudian, beberapa variasi canvas Osterwalder telah muncul. Startup canvas, Rob Fitzpatrick, lebih baik dalam menulis “4 Steps of Epiphany” yang dikembangkan oleh Steve Blank. Tapi Ash Maurya, advokat awal gerakan startup mengambil adaptasi, the Lean Canvas.

Canvas Ash adalah alat yang hebat dan disesuaikan dengan dunia startup teknologi, dimana ketidakpastian merajalela dan solusi sering terpikirkan sebelum ada masalah. Alat ini berarti bahwa Anda dapat menguji asumsi ketat sebelum membuang-buang waktu yang berharga. Semuanya diarahkan membangun sesuatu yang benar-benar diinginkan.

 

The Culture Canvas

Baru-baru ini saya mendatangi karya Javier Muñoz, co-founder Happiness Designer & Trainer at Delivering Happiness di Spanyol. Seperti kata-katanya:

“Kami sedang melakukan presentasi Culture Canvas dalam komunitas startup sehingga mereka dapat menggunakan alat ini untuk model budaya mereka dari awal. Memeragakan budaya yang layak dan menilai apakah ada kesesuaian produk-budaya yang sangat penting, bahkan jika Anda berurusan dengan dua pendiri startup. Hal ini juga penting untuk pembuktian startups bahwa mereka mencari skala bisnis. “

Saya bisa melihat ini menjadi alat yang lebih banyak digunakan supaya startups menyadari manfaat bisnis memiliki budaya yang kuat dan karyawan yang terlibat. Semua poin penelitian mengenai tim yang bahagia membuat lebih banyak uang, sehingga organisasi beralih pada hal ini.

 

The Happy Startup Canvas

Usaha saya dalam mengambil unsur-unsur terbaik dari canvas di atas, bersama pelajaran kita dari kerja sama dengan puluhan pengusaha selama bertahun-tahun, untuk membuat kerangka kerja pada startups tahap awal untuk menciptakan DNA dari organisasi mereka.

Kanvas ini juga terinspirasi oleh karya Jim Collins dan kerangka visinya. Jim adalah penulis 2 buku bisnis yang besar – Built to Last dan Good to Great. Saya benar-benar merekomendasikan Anda membacanya.

Jadi, komponen kunci dari canvas kita.

1. Tujuan & Visi

Ini harus menjadi titik awal bagi setiap pendiri startup, tapi sering diabaikan. Terlalu sering orang menyelam langsung ke ide-ide solusi mereka tanpa berpikir apa perubahan yang mereka ingin lihat di dunia, atau bahkan bertanya mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Memiliki tujuan yang jelas dapat membantu memberikan bobot nyata pada brand Anda karena Anda memiliki alasan untuk ada. Ini juga akan membantu Anda untuk membuat keputusan lebih cepat dan menarik audiens.

 “Tujuan Anda adalah angin di kapal layar Anda”  David Hieatt

2. Values

Umair Haque, penulis terkenal dan ekonom baru-baru ini menyatakan bahwa “kita berada di titik puncak dari sebuah revolusi yang dikendalikan oleh nilai.” Dia menekankan bahwa konsumen sekarang jauh lebih berhati-hati kepada siapa mereka membeli barang dan apakah mereka mewakili nilai-nilai yang mereka pegang.

Oleh karena itu penting untuk menjabarkan values Anda dan apa yang Anda perjuangkan. Pikirkan values inti Anda, yang Anda percaya bahwa jika Anda mengambilnya, maka perusahaan Anda akan berhenti. Namun, jangan hanya brainstorming beberapa values hanya untuk dilupakan – Anda harus mematuhinya. Values Anda menunjukkan bagaimana Anda berperilaku, bukan bagaimana yang Anda inginkan.

Dengan tidak adanya values, semua keputusan menuju keuntungan” Anonymous

3. Cerita Anda

Cerita apa yang Anda ingin orang ceritakan tentang Anda? Jika Anda memiliki cerita sederhana, akan lebih mudah bagi Anda untuk memberitahu orang-orang tentang apa yang Anda lakukan serta membantu mereka untuk memberitahu orang lain.

“Start-up itu hebat dalam mengamankan pendanaan, menjelaskan apa yang mereka rencanakan untuk orang-orang dan merancang produk dan jasa. ” Maria Amundson

4. Masalah

Apakah 3 masalah teratas (atau peluang) yang Anda ingin atasi? Bingkai ini sebagai hipotesis uji terhadap dunia nyata.

seperti Jual barang bekas adalah kerumitan bagi kebanyakan orangtua modern.

Apakah produk atau jasa pereda nyeri atau vitamin.Apa Anda memecahkan masalah atau membuat orang merasa lebih baik (atau keduanya)?

“Bekerja pada sesuatu yang penting bagi Anda lebih dari uang. Menciptakan value lebih dari yang Anda ambil. Dan ambil pandangan yang lama.” Tim O’Reilly

5. Solusi

Apa solusi yang Anda ajukan? Bagian ini sebagai solusi yang Anda desain akan berubah setelah Anda berbicara dengan customers dan menguji ide-ide. Gunakan ini sebagai panduan.

“Kuatlah pada visi, namun fleksibel pada detail.” Jeff Bezos, Amazon

6. Pengadopsi awal

Pelanggan mana yang sangat bersemangat tentang bisnis Anda dan akan menjadi pendukung Anda – datang kembali secara teratur dan memberitahu teman-teman mereka? Atau cara lain untuk berpikir tentang hal ini:

Siapa yang akan mencintai Anda sehingga mereka akan mendapatkan tato perusahaan Anda?

OK, mungkin sedikit terlalu jauh tapi itu adalah latihan yang berguna dan orang-orang melakukannya …

Pada workshop yang baru kami jalankan, seseorang membalik putaran ini dan mempertimbangkan apa jenis perusahaan yang perlu mereka bangun untuk mendapatkan tato. Sesuatu yang mungkin ingin Anda pikirkan tentang diri Anda.

“Cobalah untuk menarik perhatian semua orang dan Anda akan berakhir tidak menarik perhatian orang” Seth Godin

7. Proposisi Value

Hal ini dapat menjadi salah satu daerah yang paling sulit bagi startup untuk mendapatkan hak awal. Itu benar-benar membantu untuk fokus pada celah, tetap pada tawaran sederhana Anda dan melakukan satu hal dengan baik. Coba untuk menarik perhatian audiens luas dan rumitkan tawaran Anda untuk mencairkan proposisi dan membingungkan customer. Sebagai aturan praktis, keep it simple.

“Hampir setiap klien yang pernah bekerja bersama saya,yang sedang mencari pangsa pasar yang lebih besar, tidak memiliki nilai proposisi yang jelas.” Leisa Reichelt

Ini terbantu dengan menggunakan desainer proposisi nilai (juga oleh Osterwalder).

Ringkasan

Canvas ini bermaksud menjadi titik awal untuk menciptakan DNA organisasi Anda. Ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan business model canvas (atau lean canvas), melainkan cara untuk menjabarkan siapa Anda dan apa yang Anda perjuangkan sebelum mengkhawatirkan orang lain.

Mudah-mudahan ini akan membuat jalan Anda menjadi startup bahagia. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Carol]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Fotografer Cantik Ini Membangun Bisnis Sejak Kelas 3 SMP

Inilah Kisah Sukses Putra Jokowi Berbisnis Katering

Ilmu Rahasia Menciptakan Pelanggan Seumur Hidup

Laurence McCahill

Laurence McCahill adalah pendiri dari @happystartups & @spookstudio, studio design dan inkubator bisnis besar di Inggris. Beliau mempunyai misi membantu banyak orang menemukan kebahagiaan dalam berbisnis.

Twitter