Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Daftar Co-working Space di Malang Untuk Jadi Kantor Kamu


Tidak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, atau Yogyakarta, kini co-working space juga hadir di Malang.

Co-working space, atau yang selama ini kamu anggap sebagai ruang kerja berbasis keanggotaan di mana beragam kelompok pekerja lepas (freelancers) dan pekerja profesional independen berkumpul dan bekerja dalam satu lingkungan komunal yang sama, ternyata memiliki sesuatu yang istimewa di dalamnya. Menurut studi yang dilakukan oleh para ahli mengenai seberapa berkembang orang-orang yang bekerja dalam sebuah co-working space, levels of thriving (keadaan psikologis dimana individu merasa antusias dan terus ingin belajar) mereka mendekati rata-rata angka 6 pada skala 7 poin. Lalu, apa yang sebenarnya membuat co-working space menjadi sangat efektif?

Dikutip dari Harvard Business Review, terdapat beberapa alasan yang mendasari hal tersebut. Pertama, mereka yang bekerja di co-working space adalah orang-orang yang berkeja pada berbagai perusahaan dan proyek yang berbeda. Karena sedikitnya persaingan atau politik internal yang ada, mereka menjadi tidak merasa harus mengenakan persona kerja seperti yang biasanya dilakukan dalam perusahaan-perusahaan besar. Beragam pekerjaan dalam co-working space membuat setiap orangnya memiliki keahlian unik yang dapat mereka berikan kepada anggota co-working space lainnya. Kedua, mereka memiliki kontrol yang lebih besar atas pekerjaan mereka. Dan yang terakhir, mereka merasa menjadi bagian dari sebuah komunitas.

Photo credit: commons.wikimedia.org

Oleh karena alasan di atas, tidak heran jika kemudian banyak co-working space mulai bermunculan di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan tentu saja, Malang! Nah, jika kamu arek Malang dan sedang mencari ruang kerja bersama yang nyaman, berikut lima co-working space di Malang yang bisa menjadi alternatif kamu Sobat Studentpreneur:

 

  1. Ngalup.co

Ngalup.co adalah co-working space di Malang yang layak kamu masukkan dalam daftar pertimbangan. Mengusung jargon collective, connectivity, dan collaboration, Ngalup.co memiliki mimpi untuk membuat raungan bisnis lokal Malang terdengar hingga seluruh sudut dunia. Fasilitas dalam co-working space ini terdiri dari 35 tempat duduk, 15 menit pitching slot di sebuah acara (hanya untuk member dan jika memang tersedia), Spotify dengan speaker aktif berkualitas tinggi, document printing pada printer WiFi, dan camilan serta minuman panas yang bisa kamu makan dan minum secara gratis. Ngalup.co juga menyediakan ruang rapat (cukup untuk 20 orang, dilengkapi dengan koneksi internet, televisi, tv box, dan speaker aktif) dan aula (cukup untuk 100 orang, dilengkapi dengan koneksi internet, speaker aktif, proyektor, dan tim dokumentasi).

 

  1. DiLO

Digital Innovation Lounge (DiLO) dikembangkan oleh MIKTI yang bekerjasama dengan Telkom. Bertujuan menjadi pusat interaksi peminat dan pelaku industri kreatif digital di Kota Malang, DiLO sering mengadakan berbagai kegiatan seperti workshop teknis, desain, manajemen, atau business matchmaking dan gathering. Selain co-working space, DiLO juga menyediakan fasilitas seperti ruang rapat, ruang kelas, lounge, dan akses internet cepat. Tidak hanya berada di Malang, Dilo ternyata juga tersebar di kota-kota lainnya seperti Bogor, Tangerang, Makassar, Depok, Balikpapan, Pekanbaru, Medan dan masih banyak lagi.

 

  1. Ruang Perintis

Didirikan oleh Brillyanes Sanawiri, salah satu dosen jurusan bisnis di Universitas Brawijaya, Ruang Perintis adalah wujud dari upaya mendukung penciptaan ekosistem untuk tumbuh kembangnya startup di Malang. Brillyanes menjelaskan bahwa Ruang Perintis tidak dibuat hanya untuk startup-starup digital saja, melainkan juga sebagai wadah untuk belajar, berkolaborasi, berjejaring bagi perusahaan non-tech. Ruang Perintis membagi paket penyewaan menjadi empat tipe: regular daily, regular monthly, premium daily, dan premium monthly. Ruang Perintis juga akan memberikan keuntungan bagi yang tergabung menjadi member, beberapa diantaranya adalah: program inkubasi dan akselerasi, camilan dan minuman gratus, serta memperluas jaringan dan bertemu dengan orang-orang yang ahli di bidang-bidang tertentu.

 

  1. Atlesta Co-working space

Atlesta adalah sebuah unit electro-pop yang cukup terkenal di kota Malang. Tepat pada tanggal 12 Juni tahun lalu, Atlesta meresmikan kantor barunya yang digunakan untuk melakukan proses kreatif dan titik berkumpul antara Atlesta dan pihak-pihak yang akan bekerjasama. Menariknya, kantor baru Atlesta tidak ekslusif hanya untuk member band yang didirikan tahun 2012 tersebut, namun untuk siapapun yang ingin sekedar berbincang atau saling bertukar pikiran.

 

  1. Gartenhaus Co-Working Space

Jika dilihat dari luar, co-working space ini memang tampak seperti rumah biasa dengan pagar bambu yang tinggi. Namun setelah pagar tersebut dibuka, kamu akan disambut dengan banyak tanaman dan pohon-pohon tinggi. Bisa dibilang, co-working space ini hanya 20% dari keseluruhan area Gartenhaus, serta terbagi menjadi area indoor dan outdoor. Usut punya usut, ternyata Gartenhaus adalah bahasa Jerman yang berati rumah kebun, itulah sebabnya mengapa taman menjadi elemen utama dari co-working space ini. Gartenhaus dibuka mulai jam 3 sore hingga jam 10 malam (Jumat libur).

 

Menariknya, co-working space di Malang memiliki harga sewa yang tidak terlalu tinggi dan menjadikannya sebagai co-working space murah dan alternatif tempat kerja yang menarik. Jadi, tunggu apalagi Sobat Studentpreneur?

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Indonesian Independence in a Digital Economy

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Kematian Desain Grafis

 

Yovita Omega

Pernah berkarya di Pikiran Rakyat, kini Yovita aktif di digital agency di Jakarta.

Facebook