Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Tips

Memulai Bisnis Dengan Dana Pinjaman? Berarti Anda Bodoh!


Halo Sobat Studentpreneur!

“Hanya orang bodoh yang memulai bisnisnya dengan uang pinjaman!”

Kata-kata ini bukan berasal dari Saya, Sobat Studentpreneur, melainkan dari entrepreneur terkenal di Amerika, Mark Cuban. Buat Sobat Studentpreneur yang belum pernah mendengar Mark, beliau adalah pemilik tim basket kondang Dallas Mavericks, Landmark Theatres, Magnolia Pictures, serta jaringan TV AXS dengan total kekayaan pribadi mencapai 2,4 Milliar Dollar atau 24 Trilliun rupiah!

mark in dallas shirt

Menurut Mark Cuban, memulai sebuah bisnis berarti harus bersiap dengan ketidakpastian. Semua bisnis pada awalnya tidak ada yang pasti. Kalau Anda memulai bisnis dengan uang pinjaman, maka satu-satunya kepastian yang Anda punyai adalah harus membayar kembali uang pinjaman tersebut. Bank atau orang yang meminjamkan uangnya pada Anda tidak akan peduli terhadap bisnis Anda, mereka hanya peduli dengan uang mereka kembali, biasanya dengan bunga sebagai keuntungan mereka. Mark berani berkata bahwa 99% bisnis kecil gagal bukan karena kekurangan modal, namun lebih karena kurangnya usaha yang dilakukan oleh pendiri bisnis tersebut. Bisnis boleh bermodal hampir nol, namun apabila kita bisa menutupinya dengan berusaha lebih keras dari orang lain, dengan kerja lebih cerdas tentunya, kita bisa menang besar.

Nasehat terbaik dari Mark Cuban yang harus kita pelajari sebenarnya lebih ke daripada kita bingung mengumpulkan modal uang lebih banyak untuk memulai bisnis, lebih baik kita menghabiskan waktu kita untuk belajar tentang industri atau bisnis yang ingin kita masuki. Kita wajib menjadi orang paling pintar dan mengetahui cara menjalankan bisnis tersebut. Apabila ditambah dengan usaha lebih keras, maka sulit rasanya melihat Anda gagal. Mark bahkan mengklaim bahwa dirinya bekerja 24 jam sehari hanya untuk mengalahkan pesaingnya.

Nah Sobat Studentpreneur, sebelum habis-habisan dan gagal total di bisnis, ada baiknya Anda belajar tentang calon bisnis Anda terlebih dahulu. Jangan sampai kita punya pikiran meminjam uang keluarga untuk berbisnis, padahal kita tidak pernah tahu bagaimana cara menang dalam bisnis tersebut. Semoga beruntung!

PS: Buat yang penasaran seperti apa Mark Cuban, ini ada cuplikan wawancara dari Bloomberg dengan Mark Cuban. Artikel ini terinspirasi oleh 3 menit pertama wawancara Bloomberg. Check it out!

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+