Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Menemukan Mentor yang Tepat Untuk Bisnis Kita


Mentor bisnis adalah salah satu hal wajib yang harus dipunyai oleh para pebisnis muda saat ini. Banyak para pebisnis muda bingung ketika bisnis yang mereka jalankan mengalami hambatan. Ketika mengalami masalah, rasa percaya diri mereka meredup dan akhirnya bisnis mereka pun terancam gulung tikar. Di Studentpreneur, mentor bisnis yang mengajari kami menjalankan bisnis ini adalah Bapak Freddy (gambar).

Banyak pebisnis muda tersebut kehilangan arah karena tidak tahu apa yang harus mereka perbuat. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, ada baiknya kita mempunyai seorang mentor bisnis. Pencarian mentor bisnis pun susah-susah gampang, karena banyak mentor bisnis saat ini tidak berpengalaman dalam bidangnya. Ada juga mentor bisnis abal-abal, hanya berpengalaman sebagai konsultan biasa tanpa pernah berbisnis sedikitpun. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga kita dapat menemukan mentor bisnis yang tepat:

 

dahlan iskan dan freddy istanto

 

  • Susunlah Tujuan Mentoring

Anda harus menyusun apa yang Anda harapkan dari seorang mentor. Dalam memilih mentor haruslah yang ahli dalam bidang bisnis yang anda jalankan. Contoh, apabila Anda ingin memperbaiki marketing bisnis Anda, ada baiknya mencari mentor yang berpengalaman di bidang marketing.

  • Buat hubungan mesra dengan Mentor.

Jalin rasa keterikatan satu sama lain antara Anda dengan mentor, sehingga mentor tersebut dapat dengan mudah memberikan ilmunya kepada Anda. Salah satu cara untuk membangun hubungan baik dengan mentor adalah tunjukkan rasa hormat Anda pada mereka. Tunjukkan bahwa Anda mengikut nasehat mereka dan itu berdampak positif pada bisnis Anda.

  • Komunikasi yang baik dengan Mentor.

Jalinan komunikasi yang baik antara Anda dan mentor Anda akan sangat bermanfaat untuk bisnis. Apabila mentor Anda sedang sibuk, cobalah mengirim pertanyaan melalui email sehingga beliau bisa menjawab ketika ada waktu. Lebih baik lagi kalau Anda mempunyai jadwal mentoring yang pasti, seperti sebulan sekali misalnya.

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter