Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Pastikan Ucapan Anda Didengar Orang Lain


Sebuah perusahaan akan dapat berkembang pesat apabila memiliki pemimpin yang baik dan dapat menginspirasi anggota-anggotanya. Nah berikut ini adalah beberapa ciri pemimpin yang dapat didengar oleh orang lain:

Oded Shenkar

1. Jujur Pada Diri Sendiri

Jika Anda berbicara kepada orang lain,sedangkan di dalam hati kecil Anda tidak percaya dengan ucapan Anda, bagaimana dengan orang lain? Anda harus memikirkan kembali ucapan yang akan Anda sampaikan itu benar atau tidak.

 

2. Menemukan Jati Diri

Pemimpin besar tahu persis tentang dirinya, apa yang orang lain sukai dan tidak sukai. Kapan terakhir kali Anda bertanya kepada diri sendiri? Jawaban Anda akan membuka ruang di dalam hati untuk memahami dan mempercayai apapun yang Anda yakini.

 

3. Dengarkan Sebelum Berbicara

Jika Anda sering mendengarkan keluh kesah orang-orang yang berada di dalam lingkungan Anda, coba simpulkan suasana hati orang di lingkungan Anda tersebut, barulah Anda dapat memberikan arahan sesuai porsi keadaan individu masing-masing.

 

4. Ceritakan Secara Lengkap Pesan Yang Ingin Anda Sampaikan

Sebelum Anda berucap tentang memajukan usaha, tentunya Anda bisa jelaskan kronologi usaha itu dari awal kepada karyawan agar mereka lebih mengerti posisi dan keadaan usaha saat ini. Harapannya, mereka akan merespon setiap kata yang keluar dari mulut anda.

 

5. Jangan Takut Merendah

Mintalah umpan balik dari setiap kata yang Anda ucapkan. Ketika mereka memberikan respon kepada ucapan anda, jangan bereaksi secara negatif. Dengarkan secara seksama apa yang mereka ucapkan. Merendahlah jika ucapan mereka benar.

 

Kita memiliki kekuatan untuk menjadi seorang pemimpin besar. Kharisma masing-masing orang adalah anugerah dari Tuhan. Kepemimpinan adalah keterampilan yang dapat di pelajari.

Siapapun Yang Menginginkan Untuk Membimbing Orang Lain Untuk Mencapai Tujuan di Luar Apa Yang Bisa Mereka Lakukan Sendiri Memiliki Kekuatan Untuk Menjadi Pemimpin Yang Sukses.

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter