Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Twitter IPO Saga 4 – Dick Costolo


Sebelum di Twitter, Dick Costolo adalah salah satu entrepreneur yang terkenal di Amerika. Dia berhasil menjual dua perusahaan dengan angka yang cukup besar, salah satunya adalah FeedBurner yang dibeli oleh Google. Dick Costolo bekerja di Google sebelum bergabung dengan Twitter. Dick terkenal sebagai orang yang sangat bijak dalam hal teknologi, bahkan sampai mendapat julukan “Konfusius-nya Teknologi” dari majalah terkenal Amerika, FastCompany. Studentpreneur juga pernah menulis salah satu artikel yang bisa menggambarkan seberapa bijak Dick Costolo ini.

 

dickc

 

Apa Posisi Dick Costolo Di Twitter?

Dick meninggalkan Google untuk bergabung dengan Twitter sebagai COO. Namun, pada tahun 2010, salah satu co-founder sekaligus CEO Twitter saat itu Evan Williams mengundurkan diri. Dick Costolo ditunjuk menjadi CEO Twitter, orang nomor satu yang mengendalikan semua hal tentang Twitter. Sebenarnya Dick Costolo juga termasuk salah satu angel investor pertama Twitter, dan meyakinkan banyak temannya untuk berinvestasi juga di Twitter. Dia berhasil membuat Twitter hidup, dengan berbagai joke segarnya. Percaya atau tidak, Dick Costolo dulu pernah menjadi salah satu komedian yang terkenal di kampusnya!

 

Berapa Uang yang Didapatkan Dari Twitter?

Dick Costolo mempunyai 7.589.608 lembar saham Twitter. Apabila kita mengacu pada nilai saham pada penutupan hari pertama IPO Twitter, maka Dick Costolo akan mendapatkan setidaknya 340 Juta Dollar atau sekitar 3,4 Trilliun Rupiah. Jumlah saham Dick Costolo masih bisa bertambah mengingat posisinya sebagai CEO Twitter memberinya opsi saham tambahan.

 

Cerita Singkat Tentang Dick Costolo

Meskipun termasuk salah satu mahasiswa paling berprestasi di jurusan ilmu komputer University of Michigan, Dick Costolo juga mengambil kelas kesenian. Bakat komedi Dick Costolo terlihat sejak kuliah, menjadi pemain inti tim komedi kampusnya. Ketika lulus dari University of Michigan, Dick Costolo mendapatkan tawaran untuk bekerja di berbagai perusahaan teknologi besar, namun justru menolaknya untuk mengejar karir di bidang teknologi. Dia pernah satu tim dengan komedian terkenal Amerika Steve Carell.

Namun, karir Dick Costolo di bidang komedi tidak seberuntung Steve Carrell. Dick berhenti dan bekerja di Andersen Consulting selama 8 tahun dan mengembangkan berbagai aplikasi IT. Dia keluar untuk membangun perusahaan webnya dan berhasil menjual dua perusahaan IT termasuk yang paling terkenal FeedBurner. Pada tahun 2007, Google membeli FeedBurner dengan harga 100 juta Dollar dan sebulan berikutnya sebagian dari uang tersebut digunakan oleh Dick Costolo untuk menjadi salah satu angel investor Twitter. Akhirnya, Dick meninggalkan Google di tahun 2009 karena diajak Evan Williams untuk menjadi COO di Twitter sampai akhirnya menjadi CEO menggantikan Evan di tahun berikutnya.

 

Uang Dari Twitter Digunakan Untuk…

Tidak ada tanda-tanda Dick Costolo akan meninggalkan Twitter. Tapi, kita harus ingat bahwa background Dick sebagai serial entrepreneur dan angel investor yang memungkinkan dia memutar uangnya untuk berinvestasi pada berbagai startup IT yang berpotensi, sama seperti ketika dia baru saja menjual FeedBurner. Dick Costolo juga menunjukkan ketertarikannya terhadap politik dengan menjadi bagian dari dewan penasehat Presiden Amerika Barrack Obama di bidang keamanan telekomunikasi nasional.

[Photo Credit: @dickc]

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+