Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Meningkatkan Passion Karyawan


Salah satu dilema klasik dalam bisnis adalah meskipun bosnya sangat bersemangat, jarang sekali ada karyawan mempunyai semangat yang sama. Karyawan akan kerja rajin apabila diawasi oleh bos, namun ketika bos tidak ada, kebanyakan dari mereka akan langsung malas-malasan. Apabila dilema klasik ini juga terjadi pada perusahaan Anda, artinya karyawan Anda kurang mempunyai karyawan yang berpassion. Karyawan yang tidak mempunyai passion dalam pekerjaannya tidak akan bisa memberi yang terbaik. Parahnya lagi, bisa-bisa mereka menularkan kemalasan tersebut ke karyawan lain yang awalnya rajin menjadi ikut malas. Tim Studentpreneur telah mengumpulkan beberapa tips sederhana cara meningkatkan passion karyawan agar mereka memberikan hasil yang maksimal.

 

live-with-passion

 

Tujuan yang Mulia

Salah satu kebutuhan dasar psikologi manusia adalah terlibat dalam sesuatu yang besar. Karyawan Anda ingin terlibat dalam sebuah misi besar. Sebagai pemimpin, Anda harus benar-benar meyakinkan karyawan bahwa apa yang mereka kerjakan akan berpengaruh besar untuk diri mereka dan orang lain. Contoh bagus adalah Google. Karyawan di Google mempunyai passion sangat tinggi karena mereka percaya dengan misi perusahaan yang mulia, memberikan informasi dunia dan memudahkan kehidupan kepada semua orang secara gratis melalui teknologi. Karyawan Google percaya sekecil apapun yang mereka kerjakan, akan bermanfaat pada umat manusia secara keseluruhan.

 

Kedekatan Personal

Cara kerja karyawan dan tenaga kerja di perusahaan tidak beda jauh dengan sebuah tim olahraga. Kalau tim olahraga Anda tidak kompak, maka jangan harap Anda sering memenangkan pertandingan. Menciptakan kedekatan personal antar karyawan sangat penting agar kinerja dan passion mereka meningkat. Cara sederhana yang bisa dilakukan misalnya olahraga bersama di hari senin pagi, makan siang bersama tiap hari jumat, lalu tiap beberapa bulan diadakan outing ke luar kota. Kalau dana Anda tidak cukup, bisa Anda akali dengan nonton film bioskop bersama. Kedekatan personal akan membuat karyawan jadi lebih bersemangat dalam bekerja, karena mereka paham bahwa apa yang mereka lakukan akan berpengaruh juga ke teman mereka (karyawan lain).

 

Hadiah dan Pujian

Selain gaji, karyawan juga akan termotivasi apabila mereka mendapatkan bonus performa. Buatlah penghargaan seperti “karyawan terbaik bulan ini” dimana pemenangnya akan mendapatkan hadiah bonus berupa uang tunai sejumlah tertentu. Jenis hadiah bisa diganti. Contoh kalau di Studentpreneur, karyawan terbaik bulanan akan mendapatkan voucher spa dan belanja. Pujian-pujian dari bos ketika karyawan menyelesaikan tugas dengan baik juga bisa membuat karyawan lebih semangat dan produktif lagi. Sifat dasar manusia senang dipuji, itulah kenapa karyawan cenderung jadi mempunyai passion apabila mereka mendapatkan pujian dari atasan. Namun tetap ingat, kalau pekerjaan mereka tidak bagus, juga harus Anda ingatkan, jangan memberikan pujian tanpa dasar yang kuat karena justru akan memberikan dampak terbalik.

 

Sobat Studentpreneur, apalagi tips Anda untuk membuat karyawan lebih mempunyai passion?

Anda orang Surabaya? Ayo ikuti Studentpreneur Hangout Surabaya, mendatangkan David Yulianto, CEO Bee Accounting, perusahaan software accounting terbesar kedua di Indonesia, serta banyak lagi pengusaha muda dan anggota komunitas Studentpreneur Surabaya. Follow juga facebook dan Twitter kami ya!

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter