Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

5 Hal Yang Harus Dimiliki Untuk Meraih Peluang Besar


Bermimpi hal besar itu baik. Tapi ketika kesempatan untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan itu datang di saat kita tidak siap, maka mimpi tetaplah menjadi mimpi

Orang-orang hidup karena memiliki harapan. Harapan tersebut muncul dari berbagai mimpi besar yang didapat. Kebanyakan orang juga berharap supaya mereka memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka tersebut. Namun ketika kesempatan itu datang, mereka justru menghancurkan kesempatan tersebut. Ketika kesempatan emas untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan itu datang di saat kita tidak siap, maka mimpi tetaplah menjadi mimpi. Kita akan terus kehilangan kesempatan dan tidak memiliki peluang untuk mewujudkannya. Berikut ada 5 hal yang harus disiapkan terlebih dahulu supaya kita tidak kehilangan peluang-peluang besar:

 

Infrastruktur / Sumber Daya

Mungkin banyak orang berpikir bahwa dengan memasang iklan di Billboard raksasa akan membuat produk yang diiklankan menjadi terkenal. Hal itu mungkin kedengarannya baik, tapi bisa jadi berita buruk jika website down karena infrastrukturnya tidak kuat menghadapi kelebihan pengunjung baru setelah melihat iklan tersebut, dan ujungnya pun kehilangan calon pelanggan.

 

Skill

Tidak ada yang lebih buruk daripada terlalu melebih-lebihkan keahlian yang dimiliki padahal tidak memiliki keahlian yang digembar-gemborkan. Ketika sudah cerita sana-sini lalu datang tawaran proyek sesuai keahlian kita namun ternyata proyek itu masih diluar kemampuan kita, maka bisa saja kita dianggap tidak kompeten oleh orang yang memberikan penawaran tersebut.

 

Waktu

Kelebihan beban pekerjaan juga dapat mempengaruhi kemampuan diri untuk mengerjakan hal baru lainnya. Ketika kita fokus di tempat lain, pastinya hal tersebut akan menghabiskan waktu luang yang dimiliki sehingga tidak ada waktu untuk mewujudkan kesempatan baru yang akan datang.

 

Tim

Untuk mewujudkan kesempatan besar, dibutuhkan dukungan yang besar pula. Kita tidak dapat mengerjakan hal besar sendirian, sehingga kita juga membutuhkan orang lain. Kita harus membentuk tim supaya dapat bekerja efektif.

 

Komitmen

Mimpi hanyalah menjadi mimpi ketika kita sudah melihat ada kesempatan tetapi kita tidak mengambilnya karena kita tidak serius terhadap mimpi kita. Untuk itulah dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk dapat mewujudkan mimpi kita meski harus menghadapi banyak tantangan.

 

Ingat, peluang adalah ketika kesempatan bertemu dengan persiapan. Namun, kesempatan yang sama tidak datang dua kali. Karena itulah kita harus mempersiapkan diri kita sebaik mungkin supaya kita tidak hanya mendapat kesempatan, melainkan juga mendapat peluang untuk sukses lebih besar.

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+