Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah 5 Jenis Usaha untuk Mahasiswa


Bisnis Untuk Mahasiswa Ini Bisa Juga Dilakukan Oleh Siapapun yang Memang Ingin Mencoba Mendapat Penghasilan Tambahan.

Mumpung di kampus, Anda mungkin ingin berbisnis. Bisa jadi karena ongkos kuliah Anda naik, atau Anda sekedar ingin mencari uang saku sendiri. Bisnis di kampus memberikan Anda kesempatan untuk start early, sehingga ketika Anda lulus, dan bisnis Anda berjalan dengan baik, Anda tidak perlu kebingungan mengais-ngais lowongan kerja ke orang lain. Nah, apapun bisnisnya, model bisnis di kalangan mahasiswa dan perkuliahan itu dibedakan menjadi 5. Anda bisa pilih satu yang paling cocok untuk Anda:

 

Hobi

Misalnya Anda punya banyak jepretan bagus, maka Anda bisa menawarkan jasa fotografi profesional. Anda tidak perlu punya kamera, by the way. Dunia kampus penuh dengan berbagai macam jenis manusia yang bisa Anda jadikan sahabat. Termasuk di antaranya adalah orang-orang yang mendapat sumber daya berlimpah dari orang tuanya. Hal ini tidak terbatas di fotografi. Bisa bikin film, modelling, dan lain sebagainya.

 

Mengajar

Anda mungkin punya skill yang sangat baik di satu bidang, misalnya matematika, bahasa inggris, atau main gitar. Maka Anda bisa membuka jasa mengajar. Cukup bikin brosur kemudian tempel kanan kiri di daerah sekolah-sekolah, atau minta bantuan jaringan teman-teman Anda untuk mempromosikan jasa Anda pada keluarga mereka, atau bikin website dengan kata kunci “kursus [sesuatu] [daerah anda]”.

 

Bantu sesama teman mahasiswa

Tidak semua mahasiswa terlahir rajin. Beberapa malas dan mau seenaknya saja. Orang-orang seperti ini bisa juga Anda prospek lho. Misalnya dengan membuka jasa pembuatan makalah. Atau, kalau Anda merasa hati nurani Anda keberatan menyasar pasar ini, masih banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu teman-teman Anda sesama mahasiswa sambil menghasilkan profit. Misalnya jadi penyalur buku wajib mata kuliah, atau jasa layanan pindah kos.

bisnis-crafting

Crafting

Bikin sesuatu, kemudian menjualnya. Misalnya website, t-shirt, pernak-pernik, hingga makanan siap saji. Sebagai mahasiswa, Anda diberkahi dengan lingkungan yang memudahkan Anda melakukan riset dan membaca pasar dengan mudah, yaitu teman-teman sesama anak muda. Kalaupun Anda kesulitan memproduksi, maka Anda harus ingat bahwa Anda hidup di tengah lingkungan dengan bakat-bakat yang bisa Anda ajak kerjasama dengan senang hati.

 

Menyediakan pelayanan bagi masyarakat sekitar

Apabila Anda sudah stuck tidak menemukan market di kalangan kampus, maka Anda bisa melihat lebih lebar, yaitu dengan menyediakan layanan ke masyarakat di lingkungan perumahan Anda. Misalnya cuci motor, membuka kafe, tempat nongkrong, gerai jus, dan lain sebagainya. Anda perlu riset pasar untuk menemukan demografis yang cocok bagi bisnis Anda.

Nah Sobat Studentpreneur, Anda sudah kepikiran model bisnis apa yang cocok untuk diterapkan di lingkungan kampus Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Steven]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Fotografer Cantik Ini Membangun Bisnis Sejak Kelas 3 SMP

Inilah Kisah Sukses Putra Jokowi Berbisnis Katering

Ilmu Rahasia Menciptakan Pelanggan Seumur Hidup

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+