Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Kata Siapa Cuma Uang yang Bisa Memotivasi Karyawan Anda


Kemampuan untuk memotivasi karyawan adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki setiap entrepreneur. Akan tetapi, sebagian besar entrepreneur masih berpikir bahwa uang yang dapat memotivasi karyawan mereka. Mereka tidak sepenuhnya salah. Namun tidak juga sepenuhnya benar. Sebab, di samping uang, ada banyak variabel yang dapat meningkatkan gairah, komitmen, dan kinerja karyawan Anda. Apa saja?

 

1. Murah pujian. Semua orang menginginkan kompensasi atas kerja keras mereka. Pujian, adalah salah satu kompensasi termudah yang dapat Anda berikan. Pujian dari seorang CEO bermakna lebih besar daripada yang Anda kira. Jadi, puji setiap peningkatan dibuat oleh anggota tim Anda.

 

2. Singkirkan manajer. Siapa bilang setiap proyek harus disertai manajer? Beberapa proyek yang menuntut kreativitas seringkali berjalan dengan sempurna ketika setiap orang bekerja sama sebagai sebuah tim dan satu anggota berada pada satu tingkat yang sama dengan rekan kerja mereka. Setiap orang dalam tim akan datang lebih awal, lembur dengan sukarela, dan mencurahkan lebih banyak energi mereka untuk memecahkan masalah.

duit

3. Jadikan ide Anda sebagai ide mereka. Setiap orang tidak suka didikte tentang apa yang harus mereka lakukan. Maka, alih-alih memberitahu mereka apa yang Anda inginkan, mintalah mereka mengerjakannya seolah merekalah yang menemukan ide tersebut. Cara paling mudah adalah dengan mengubah kalimat, “Saya ingin Anda melakukannya dengan cara ini” menjadi “Bukankah lebih baik jika kita melakukannya dengan cara ini?”

 

4. Jangan mengkritik atau mengoreksi. Tidak ada orang yang ingin mendengar bahwa mereka salah melakukan sesuatu. Kritikan atau koreksi adalah demotivator yang hebat. Maka, gunakan pendekatan tidak langsung ketika Anda ingin mereka belajar dari kesalahan mereka. Tanyakan,”Apakah ini cara terbaik untuk mendekati masalah? Mengapa tidak? Punya ide tentang apa yang bisa Anda lakukan secara berbeda?” Anda akan terlibat pada percakapan dan berbicara untuk mencari solusi, bukan menunjuk jari.

 

5. Berikan kesempatan memimpin. Biarkan top performer Anda memimpin dalam sebuah tim kecil, dan beritahu pada mereka bahwa kesempatan ini datangnya berkat kinerja mereka. Mereka akan menjadi contoh bagi karyawan Anda yang lain.

 

6. Ajak seorang karyawan untuk makan siang seminggu sekali. Berikan kejutan dengan mengundang seorang karyawan untuk makan siang dengan Anda. Hal ini adalah cara termudah untuk menyampaikan pada semua karyawan Anda bahwa  Anda melihat dan menghargai pekerjaan mereka .

 

7. Berikan penghargaan kecil. Misalnya dengan voucher makan malam, layanan spa, piala, atau plakat kepada top performer Anda.

 

8. Selenggarakan pesta perusahaan. Rencanakan sebuah piknik, pesta ulang tahun, happy hour. Melakukan setiap hal sebagai kelompok akan menjadi pengingat kepada setiap staf Anda bahwa mereka tidak sendiri. Mereka menjalankan bisnis Anda bersama dengan sebuah tim.

 

9. Bagikan keberhasilan dan kegagalan. Ketika perusahaan Anda berjalan dengan baik, rayakan. Semua orang akan tahu bahwa Anda bersyukur atas kerja keras mereka. Atau jika ada kegagalan, tunjukkan. Ketika Anda mengharapkan kinerja yang tinggi, bersikaplah transparan. Tim Anda layak untuk tahu di mana perusahaan Anda berdiri.

Nah Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda?

Anda bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur [Photo Credit: Fsecart]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Pendiri Google: Pebisnis Sekarang Berpikir Terlalu Kecil

Mari Belajar Dari Kegagalan 11 Bisnis Ini

Lima Tips Orang Terkaya ke 16 di Dunia Untuk Menjadi Sukses

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+