Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tiga Alasan Kenapa Anda Harus Mengukur Kampanye Social Media


Bayangkan ketika ada ribuan orang like page facebook Anda, atau memfollow Twitter Anda. Kemudian Anda meluncurkan sebuah kampanye marketing untuk mempromosikan produk Anda. Setelah kampanye berjalan, seringkali pebisnis bingung apakah sebenarnya strategi marketing mereka berhasil atau tidak. Kembali ke dasar bisnis, semua yang tidak bisa diukur maka tidak bisa dikembangkan. Nah Sobat Studentpreneur, inilah tiga alasan kenapa Anda sebaiknya harus mengukur keberhasilan kampanye social media Anda.

 

Anda Tahu Bagian Apa yang Disukai Pelanggan

Dengan mengukur kampanye social media Anda, maka sebenarnya Anda jadi tahu bagian apa dari bisnis Anda yang disukai pelanggan. Di jaman yang serba modern ini, pelanggan akan langsung mengtweet atau mempositng apapun yang mereka pikirkan di kepala mereka. Mengukur respon pelanggan terhadap produk atau service tertentu akan membuat Anda mengetahui mana bagian yang tidak boleh dihilangkan dalam bisnis Anda, apapun alasannya.

twitter musik

Anda Tahu Bagian Apa yang Dibenci Pelanggan

Berkebalikan dengan poin pertama, mengukur kampanye social media juga akan membuat Anda tahu bagian apa dari bisnis Anda yang tidak disukai pelanggan. Seringkali pelanggan komplain tanpa mention ke akun bisnis Anda. Dengan menggunakan alat pengukuran social media yang baik, Anda bisa tahu komplain bisnis Anda, tanpa pelanggan mention sekalipun. Dengan respon yang baik, Anda akan terhindar dari masalah yang lebih besar. Ingat, berita buruk menyebar dengan sangat cepat.

 

Anda Bisa Menghitung Apakah ROMI (Return on Marketing Investment) Anda

Untuk kampanye yang bersifat seasonal, Anda bisa menghitung ROMI melalui pengukuran social media. Metric yang digunakan bisa mulai dari jumlah mention, jumlah keyword tertentu seperti “beli”, “memakai”, “tertarik”, dan lain-lain. Dengan begitu, kesulitan pebisnis untuk mengetahui efektivitas social media bisa diatasi.

 

Beberapa rekomendasi kami untuk mengukur efektivitas kampanye social media Anda adalah Hootsuite, SocialBakers, dan perusahaan lokal Katapedia. Ini video tentang bagaimana cara kerja mereka mengukur kampanye social media Anda.

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Rahasia Bisnis Rasulullah

Wawancara Eksklusif Anak Muda Bos Studio Game di Surabaya

Cara Menambah Follower Twitter Anda

Wedya Agung

Wedya Agung adalah kreator Gombalin, aplikasi Android yang sempat menjadi aplikasi terlaris ke-3 di Indonesia

Facebook Twitter